Gandawyuha Kawedhar

Buku kumpulan makalah Borobudur Writers and Cultural Festival 2017.

Tentang Religiusitas Agama-Agama Nusantara

 

Pemakalah:

Prof. Dr. Noerhadi Magetsari, Salim Lee, Prof. Dr. Agus Aris Munandar, Romo J. Sudrijanta S.J, Sudarto, Mikael Keraf, Hadi Utomo, Gunarti, Laura Romano, Dr. Teddy Kholiluddin, Dewi Kanti, Charles Beraf.

Buku ini mengambil tema utama keberagaman dalam hal berkeyakinan. Tidak bisa dipungkiri, bahwasanya Indonesia ini sejak dulu kala telah memiliki akar yang kuat terkait keberagaman.

Judul Gandawyuha (tema utama BWCF 2017) dalam buku kumpulan makalah ini berasal dari kisah berupa relief di Candi Borobudur yang berdiri sejak 7 Masehi. Sebuah kisah pencarian tokoh bernama Sudhana dalam menggapai spiritual tertinggi dengan cara berguru pada para Bhikku dan juga kepada manusia pada umumnya. Ada dasar keberagaman dalam kisah Sudhana tersebut.

Melalui pemahaman keberagaman pulalah menjadi dasar dialog dalam Islam Nusantara ketika berjumpa dengan budaya lokal. Islam Nusantara merupakan dialog perjumpaan, ajaran yang dibawa dari daratan Timur Tengah dengan budaya di Nusantara sehingga memiliki nuansa kultural yang kuat dalam Islam Nusantara. Dialog ini juga muncul dalam Katholik dengan pandangan Buddha. Dalam bahasan pada makalah ini disebutkan sesungguhnya esensinya sama, hanya berbeda pada istilah dan tradisinya saja.

 

Silahkan pesan buku ini melalui email: admin@borobudurwriters.id

Harga Rp 65.000.

Sudah termasuk biaya kirim area Jabodetabek (di luar Jabodetabek akan disesuaikan dengan harga kota tujuan)

Stok buku sangat terbatas.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *